RSS

Pendidikan bagi kehidupan sehari - hari

Sehubungan dengan esensi dari pendidikan karakter itu, dapat ditarik benang merah bahwa kemanfaatan pendidikan karakter bukan saja dominan menjadi tanggung jawab suatu institusi pendidikan melainkan juga diaplikasikan dalam konteks kehidupan masyarakat terkecil. Dan menurut penulis hal inilah yang perlu dilakukan karena proses penanaman nilai-nilai karakter tersebut apabila mendapatkan respon dan fokus positif untuk dikembangkan dalam keluarga maka hasilnya akan sangat meningkat. Untuk itu perlu adanya kesadaran dari pihak ornag tua untuk tetap berusaha menanam nilai-nilai karakter pada anak-anaknya sehingga akan menjadi suatu kebiasaan (habits).

 Mengapa perlu menjadikan sebagai suatu kebiasaan, karena apabila berhasil maka anak-anak yang dididik tersebut akan benar-benar mampu mengaplikasikannya dengan tepat tanpa harus mendapatkan kontrol atau paksaan, Dengan kata lain, pelaksanaan nilai-nilai karakter akan dilakukan berdasarkan kesadaran diri. Lanjut bahwa hal ini memberi suatu pencerahan bahwa perilaku yang menunjukkan karakter yang bagus akan benar-benar menjadikan seseorang lebih memahami kebermanfatan dirinya dalam menaungi hidup dan penuh kesejehteraan.

 Tidak hanya itu saja, aplikasi pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari juga meliputi bagaimana proses penanaman nilai-nilai hidup tersebut melalui komunikasi yang baik dan terarah. Dalam hal ini, orang tua perlu menyisihkan waktu yang konsisten untuk membangun komunikasi yang sekali lagi berbasiskan kasih sayang. Menimbang bahwa dalam komunikasi yang berbasiskan kasih sayang maka anak akan merasa dirinya dihargai dan disayangi oleh orang tuanya dan akan membentuk karakter penyayang dan berkontribusi kelak dalam kehidupannya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar