LINGKUNGAN PENDIDIKAN
1.
A. Pengertian
Lingkungan
Lingkungan adalah sesuatu yang berada
diluar diri anak dan mempengaruhi perkembanganya. Menurut Sartain (Ahli
psikolog dari Amerika) mengatakan bahwa yang dimaksud lingkungan sekitar
adalah meliputi semua kondisi dalam dunia ini yang dengan cara-cara tertentu
mempengaruhi tingka laku manusia, pertumbuhan, perkembagan, kecuali
gen-gen.
Pendapat lain mengatakan bahwa di dalam
lingkungan itu tidak hanya terdapat sejumlah faktor pada sesuatu saat,
melainkan terdapat pula faktor-faktor lain yang banyak jumlahnya, yang secara
potensial dapat mempengaruhi perkembangan dan tingkah laku anak. Tetapi secara
actual hanya faktor-faktor yang ada di sekeliling anak tersebut yang secara
langsung mempengaruhi pertumbuhan dan tingkah laku anak.
Secara Fisiologis, lingkungan meliputi segala
kondisi dan material jasmaniah di dalam tubuh anak, seperti gizi, vitamin, air,
zat asam, suhu, sistem syaraf, peredaran darah, pernafasan, pencernaan makanan,
kelenjar-kelenjar indoktrin, sel-sel pertumbuhan dan kesehatan jasmani.
Secara psikologis, lingkungan mencakup segala
stimulasi yang diterima oleh individu mulai sejak dalam konsepsi, kelahiran,
sampai matinya. Stimulasi itu misalnya, berupa sifat genus, interaksi genus,
selera, keinginan, perasaan, tujuan-tujuan, minat, kebutuhan, kemauan,
emosi, dan kapasitas intelektual.